Samsung Besut Chip Flash 16 Gb Pertama di Dunia

Samsung Besut Chip Flash 16 Gb Pertama di Dunia
Lathiefa Nur Ilma – detikInet

Jakarta, Samsung Electronics, produsen chip memori terbesar dunia mengumumkan dimulainya pembuatan chip memori flash NAND berkapasitas 16 Gb (gigabit) secara massal. Langkah ini merupakan hal pertama di dunia yang pernah ada.

Chip ini dibuat dengan proses teknologi ultra-dense 51 nanometer (nm), sehingga berkat teknologi ini kapasitas disediakan merupakan yang tercepat. Dikutip detikINET dari Chosun berbahasa Inggris, Senin (30/4/2007), kelebihan chip NAND yaitu dapat menyimpan memori sekalipun dayanya telah dimatikan.

Untuk diketahui, 1 nm berarti satu per satu miliar meter, sehingga teknologi 51nm artinya sirkuit chip tersebut mampu menyusun garis elektronika setipis 1/2000 dari ketebalan rambut.

Samsung mengklaim chip baru ini dapat melakukan penulisan dan pembacaan hampir dua kali lebih cepat dari chip 60 nm yang digunakannya dalam pembuatan chip NAND 8Gb 8 bulan silam.

Sementara itu, Hynix Semiconductor minggu ini mengumumkan akan mulai memproduksi chip NAND 16Gb dengan teknologi 48 nm, pada akhir tahun ini.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: