Taklukkan Asia, Microsoft Harus ‘Peras Keringat’

Taklukkan Asia, Microsoft Harus ‘Peras Keringat’
Lathiefa Nur Ilma – detikInet

Jakarta, Analis menilai Microsoft masih harus memeras banyak ‘keringat’ jika ingin mendongkrak penjualan Windows Vista di pasar Asia.

Allan Krans, analis penelitian Technology Business Research (TBR) menyatakan bahwa Vista menawarkan peningkatan pada keamanan dan fungsionalitasnya, sistem operasi tersebut juga membutuhkan konfigurasi hardware yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan Windows XP.

Menurut Krans, harga dari prosesor dual-core, memori tambahan dan prosesor grafis mungkin tak menjadi hambatan bagi konsumen di kawasan Amerika atau Eropa, namun harga tersebut akan memiliki dampak besar bagi kawasan yang sedang berkembang seperti Cina.

TBR, dikutip detikINET dari ZDNET Asia, Selasa (1/5/2007), meyakini bahwa banyak konsumen Cina yang lebih memilih versi bajakan Vista yang hanya seharga US$ 1 atau sekitar Rp 9.082 (US$1 = Rp 9.082 sumber: detik.com) atau bahkan memilih Linux yang gratis. Walaupun Vista memiliki teknologi anti pembajakan, namun menurut laporan pers, salinan ilegal Vista tersedia luas di Cina.

Baru-baru ini, sebuah laporan media Jepang mengindikasikan Microsoft hanya mampu menjual 244 keping Vista legal di Cina dalam 2 minggu pertama sejak debutnya. Namun, dalam sebuah blog CNet News, laporan tersebut dibantah oleh Microsoft.

Microsoft juga melakukan beberapa tindakan, yang diungkap Krans, sebagai aksi untuk meningkatkan penjualan di kawasan berkembang dalam kuarter pertama. Contohnya, penjualan bundel software seharga US$ 3 atau sekitar Rp 27 ribu saja yang diperuntukkan bagi dunia pendidikan di negara-negara di kawasan sedang berkembang.

Menurut Krans, dari usaha tersebut, Microsoft takkan mampu menghasilkan pendapatan signifikan.

TBR juga meyakini Microsoft masih akan menghadapi tantangan untuk menyediakan model bisnis yang dapat digunakan untuk memanfaatkan pasar penjualan PC (Personal Computer) yang sedang berkembang di Asia Pasifik. Selain itu juga harus mencari cara untuk menyalurkan pasar tersebut menjadi pasar Microsoft.
(lni/dwn)

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: