HUBBLE TAK BERSKALA

Tak hanya berkutat mengurusi model kit orang lain saja, kali ini salah satu hasil karya redaksi yang bakal kena ulas. Dari judulnya saja, Hubble Space Telescope, sudah terbayang kelangkaan populasinya. Belum lagi dari sisi merek yang mengusung nama Skilcraft. Maklum, model ini memang dibeli oleh salah seorang “Komandan” Angkasa di Singapura, empat tahun lalu. Selain itu, masih ada lagi satu masalah yang cukup mengganjal, model ini tak mencantumkan skala!

“Tak terlalu rumit,” begitu penuturan sang pembuat yang tak lain adalah bos bagian artistik ketika ditanya soal kesan pertamanya. Memang nyatanya ketika lembar petunjuk dibuka, hanya ditemui delapan langkah pemasangan. Cuma kesan pertama tak selamanya benar. Usut punya usut, ternyata ditemui juga celah saat merakit bagian badan. Dempul memang mengatasi masalah ini, tapi dibutuhkan kesabaran, lantaran tubuh Hubble tak semulus model pesawat biasa.

Urusan melabur cat juga hampir sama nadanya, tak terlalu rumit. Pasalnya, dengan alasan bermukim di luar angkasa, maka menu weathering boleh diabaikan. Ada beberapa warna yang dilibatkan. Warna steel untuk badan, gun metall sebagai dasar solar cell, lembaran cell dengan metallic blue, celah cell dengan gold gloss, dan dudukan dengan warna chrome alumunium. Namun untuk merapikan bagian solar cell, tetap saja dibutuhkan perhatian khusus supaya cat tak luber kemana-mana.

Nah, setelah semua beres, maka model teleskop luar angkasa ini tinggal ditempatkan pada dudukan yang telah disediakan dari sananya. Lengkap dengan lambang NASA.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: