LEBIH FLEKSIBEL DENGAN CANADARMS 2


Pembangunan Stasiun Luar Angkasa Internasional (IIS) diharapkan akan cepat rampung menggunakan Canadarms 2/Foto: NASA

Soal mewujudkan bangunan di bumi adalah hal biasa. Namun kalau membangun super blok di luar angkasa macam ISS (International Space Station) jelas beda. Seabreg kendala menghadang untuk membangun proyek multi nasional yang melibatkan sekitar 16 negara di daerah tak bertuan ini. Mulai dari jarak, urusan oksigen, hingga soal gravitasi.

Walau kental dengan nuansa teknologi tinggi, namun prinsip pengerjaan ISS sebenarnya mirip dengan pembangunan sebuah gedung bertingkat biasa. Satu persatu, tingkat demi tingkat, dirangkai hingga menjadi satu kesatuan. Cuma sekarang yang jadi masalah bagaimana cara memindahkan atau memasang parts stasiun di lingkungan ISS ?

Tak melulu dominasi buah pemikiran NASA, jawaban dari masalah tadi ada di tangan Kanada dengan piranti bernama MSS (Mobile Servicing System) lansiran MD Robotics. Secara teknis, MSS nantinya terbagi menjadi empat bagian, yaitu: Canadarms 2, MBS (Mobile Base System), SPDM (Special Purpose Dexterous Manipulator), dan RWS (Robotic Work Station). Lebih detail lagi secara singkat tiap bagian bisa dijabarkan sebagai berikut:

Canadarms 2 berujud ‘lengan’ sepanjang 17,6 m merupakan ujung tombak katrol luar angkasa. Punya nama ilmiah SSRMS (Space Station Remote Manipulator System), piranti ini berkapasitas angkut beban (massa) sebesar 100.000 kg. Dengan kapasitas ini maka tak heran bila Canadarms 2 punya tugas khusus menarik wahana ulang alik menuju tempat parkirnya. Perangkat ini telah diluncurkan pada April tahun lalu (gbr.1).

Elemen kedua adalah SPDM yang tak lain merupakan kelengkapan dari Canadarms 2. Punya dua lengan pintar yang bisa dipakai untuk berbagai macam kegiatan servis dan asembling bagian dari ISS. Kapasitas angkut yang dimiliki adalah sebesar 600 kg. SPDM rencananya baru diluncurkan pada tahun 2003 (gbr.2).

MBS merupakan dudukan bagi kedua elemen gerak yang telah disebutkan sebelumnya. Selain itu, piranti ini juga berfungsi sebagai gudang penyimpanan berbagai peralatan yang diperlukan ISS. Terbuat dari struktur alumunium MBS mampu mengatasi beban seberat 21 ton. MBS diluncurkan pada Juni lalu (gbr.3).

Secara ringkas RWS adalah pusat kendali dari MMS. Mirip dalam kokpit pesawat biasa, RWS dilengkapi dengan berbagai panel pengendali plus layar virtual.

Rel luar angkasa

Tidak sampai pertengahan April lalu ketika wahana ulang alik Atlantis diluncurkan, MMS belum bisa difungsikan secara optimal. Bukan lantaran ada sistem yang gagal bekerja, tapi lebih disebabkan karena posisi MMS masih dipatok pada satu lokasi. Akibatnya perangkat ini hanya dapat bekerja di sekitar lokasi itu saja.

Akan tetapi itu semua cerita masa lalu. Kini MMS bakalan bisa bergerak kesana-kemari berkat hadirnya alat transpor (mobile transporter) yang dilengkapi dengan rel (gbr.4). Pada tahap awal rel yang dipasang adalah sepanjang 43 kaki dari 300 kaki (90 meter), rencananya dipasang pada tubuh ISS.

Seperti diungkap NASA New Science (12/4), soal memasang rel ternyata bukan perkara mudah. Dibutuhkan dua katrol untuk mengerjakannya. Satu katrol merupakan Canadarms 2 yang telah terpasang pada tubuh ISS, sedang lainnya adalah katrol yang terdapat pada Atlantis (Canadarms1). Kedua katrol tadi dipakai untuk memindahkan para astronot serta mengusung bagian-bagian rel dari ruang kargo Atlantis. Asal tahu saja, Canadarms 1 merupakan standar piranti pengusung beban bagi wahana ulang-alik sejak tahun 1981 (terpasang pertama pada Colombia).

Tim astronot yang terdiri dari dua orang secara bergiliran merakit bagian-bagian rel, memasangnya pada dudukan, menyambung sistem pengkabelan, serta membenahi sistem penerangan. Untuk merampungkan seluruh pekerjaan tadi paling tidak dibutuhkan sekitar 6,5 jam kerja. Tak semuanya dilibas dalam satu hari kerja saja, keseluruhan pekerjaan dibagi menjadi 12 hari penerbangan (day flight).

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: